Kembali Menulis


Assalamualaikum. 

Ini akan menjadi tulisan pertama saya di tahun 2016. Flashback 2015, bukanlah masa-masa saya banyak menelurkan tulisan.  Justru di tahun 2015 blog saya justru jauh lebih sepi dari tahun 2014. Bukan karena malas (walau ini memang bisa jadi karena salah satu perkaranya).  Tapi  saat mulai terjun ke dunia jurnalistik cukup menyita waktu saya. 

Belajar di dunia jurnalistik, mulai dari tahun 2013 yang hanya bertugas untuk mengedit berita para wartawan. Dicek supaya ciamik dan nyaman dibaca oleh para pembaca.  Hal ini pun cukup luar biasa saat itu mengingat saat itu biasanya berita masuk di atas pukul 10 dan sudah harus naik untuk konsumsi esoknya. Kebetulan saya dapat kesempatan untuk magang (baca : belajar jurnalistik) di salah satu portal berita online yang khusus membahas tentang politik. 

Kemudian, pimred (pimpinan redaksi) saya memberikan kesempatan saya di tahun 2014 untuk meliput berita di daerah saya tinggal. Saat itu mulai banyak pilkada memang.  Lumayanlah belajar liput berita, membuar draft sampai akhirnya menaikkan berita sendiri. Kalau waktu senggang (baca : tidak ada berita) saya ditugaskan untuk bikin artikel kesehatan. 

Memasuki 2015 saya mulai memberanikan diri untuk mengirim berita-berita tulisan saya ke media-media cetak maupun online. LUAR BIASA!! Awalnya berita saya masih banyak yang harus diperbaiki secara tulisan (malu-maluin padahal saya tukang edit, ternyata masih banyak PR-nya! Hehe..).  Lumayanlah pikir saya untuk pengalaman.  Walau awal-awalnya berita tulisan saya sedikit yang tembus media, lama-kelamaan alhamdulillah, Allah bukakan jalan. Satu persatu media mulai menerima tulisan saya. Memang bukan media besar. Tapi cukup untuk membesarkan semangat saya untuk terus menulis. 

Ternyata hanya dari menulis, walau memang jujur hingga saat ini tulisan saya sama sekali belum menghasilkan.  Saya wartawan non profit alias legowo tidak dibayar, #Akurapopo. Saya melakukan ini semata-mata untuk mengupgrade ilmu saya juga untuk membantu kegiatan-kegiatan pelajar agar bisa masuk media. Pikir saya hingga saat ini adalah banyak sekali kegiatan para pelajar atau pemuda yang malah luput dari media. Padahal apa yang mereka lakukan sangat terpuji dibanding menyuguhkan berita-berita semacam kawin-cerai atau korupsi terus menerus. Hidup lebih indah kalau kita selalu dikelilingi pikiran positif kan? 

Kini 2016, saatnya kembali menulis...^^   

Roswita Puji Lestari (ODOJ 08) 
Divisi Penulis, Departemen Promosi, Bidang Promas ODOJ

------------------------------------------------------------------------
Artikel ini sebelumnya telah diposting di Kompasiana ODOJ dengan link: http://www.kompasiana.com/odoj-promas/kembali-menulis_56a08b6c799373fe06274568

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram